Jadwal Proses Uji Kesetaraan Paket A, B, C Beserta Format Soalnya

Jakarta – Direktorat Jenderal Pengajaran Kecil Umur Dini, Pengajaran Dasar dan Pengajaran Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) baru-baru ini mengeluarkan jadwal proses Uji Kesetaraan Tahun 2024 untuk tahapan Paket A, Paket B dan Paket C. Semua proses proses akan berlangsung dari tanggal 18-27 Mei 2024 akan datang.
Uji Kesetaraan yakni proses asesmen yang menyetarakan spaceman slot hasil pengajaran nonformal dengan pengajaran formal. Langkah ujian ini berlaku untuk tahapan pengajaran dasar dan menengah yang diselenggarakan satuan pengajaran terakreditasi.

Peserta ajar yang sukses lulus ujian akan mendapatkan Sertifikat Hasil Uji Kesetaraan (SHUK) yang berisi poin uji kesetaraan serta tingkat capaian standar kompetensi lulusan yang memenuhi capaian kompetensi minimum. Sedangkan mereka yang belum sukses akan mendapat surat keterangan hasil uji kesetaraan (SKHUK) berisi poin uji kesetaraan peserta.

Lalu kapan jadwal dan apa yang perlu diamati peserta sebelum ikut Uji Kesetaraan 2024? Berikut informasi selengkapnya dikutip dari postingan Instagram Ditjen PAUD Dikdasmen dan Prosedur Operasional Standar Uji Kesetaraan 2024, Minggu (12/5/2024).

Jadwal Uji Kesetaraan 2024
Paket C/Ulya/sederajat: 18-20 Mei 2024
Paket B/Wustha/sederajat: 25-27 Mei 2024
Paket A/Ula/sederajat: 25-27 Mei 2025
Persyaratan dan Metode Daftar Uji Kesetaraan 2024
Persyaratan Peserta
1. Peserta ajar jalur pengajaran nonformal dan jalur pengajaran informal yang memiliki nomor induk siswa nasional (NISN) valid yang sudah diverifikasi dan divalidasi pada situs verval PD Pusdatin.

2. Kriteria peserta Uji Kesetaraan dari jalur Pengajaran Nonformal:

Berada pada semester terakhir pada akhir program pengajaran Paket A/Ula atau bentuk lain yang sederajat yang memiliki laporan hasil belajar kelas V (lima) dan semester gasal kelas VI (enam).
Berada pada semester terakhir pada program pengajaran Paket B/Wustha atau bentuk lain yang sederajat dan memiliki laporan hasil belajar tiap tahapan kelas.
Berada pada semester terakhir pada program pengajaran Paket C/Ulya atau bentuk lain sederajat dan memiliki laporan hasil belajar tiap tahapan kelas.

Metode Daftar Uji Kesetaraan

Pendaftaran calon peserta dikerjakan oleh operator satuan pengajaran melalui mekanisme yang diatur dalam situs uji kesetaraan.kemdikbud.go.id.
Calon peserta semestinya menyerahkan pas foto terbaru 6 bulan terakhir dalam bentuk file image ke panitia pendaftaran.
Dinas pengajaran kabupaten/kota dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota pantas kewenangannya menerbitkan daftar nominasi semestara (DNS) untuk dikerjakan verifikasi dan validasi data calon peserta oleh satuan pengajaran.
Calon peserta mengucapkan keikutsertaan Uji Kesetaraan dengan sistem menandatangani lembar DNS.
Satuan pengajaran mengunggah DNS yang sudah ditandatangani ke situs Uji Kesetaraan.
Dinas pengajaran kabupaten/kota dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota pantas kewenangannya menerbitkan dan menyerahkan daftar nominasi tetap (DNT) ke satuan pengajaran sesudah tak ada perubahan data DNS.
Kepala satuan pengajaran menandatangani surat pernyataan tanggung jawab absolut (SPTJM) bermaterai dan diunggah ke situs Uji Kesetaraan.
Dinas pengajaran kabupaten/kota dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota juga mengunggah SPTJM yang sudah ditandatangani.
Dinas pengajaran kabupaten/kota dan Kantor Kementerian Agama kabupaten/kota pantas kewenangannya menerbitkan kartu peserta dan mendistribusikannya.
Peserta ujian mengaplikasikan beritanya yang ada di kartu peserta dan mekanisme lebih lanjut dikuasai dalam tanda teknis di situs Uji Kesetaraan.