JELAJAH SEJARAH PENDIDIKAN DARI MUSEUM PENDIDIKAN INDONESIA (MPI) YOGYAKARTA

Yogyakarta menjadi salah satu kota yang memiliki banyak museum. Tak mengheranan terbukti karena Yogyakarta memang yaitu kota yang memiliki sejarah dan kultur yang kental. Museum yang ada juga tak lepas dari kisah pendatang ke Yogyakarta atau bekas kisah Belanda. Dari segala museum yang ada, ada salah satunya bernama Museum Pendidikan Indonesia.

Museum Pendidikan Indonesia (MPI) Yogyakarta yaitu salah satu museum pengajaran yang ada di Indonesia. Museum pengajaran ini yaitu museum pengajaran pertama di Indonesia. Dan museum pengajaran selanjutnya disusul oleh Museum Pendidikan Malang slot deposit qris yang ada di Malang, Museum Pendidikan Nasional yang berada di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Museum ini berada di wilayah kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berada di barat laut gedung Rektorat UNY.

Untuk menuju ke Museum Pendidikan Indonesia pengunjung dapat dengan mudah menuju ke wilayah kampus UNY terpenting ke komponen Rektorat kemudian menjelang rektorat ada air mancur ambil kiri melewati perpustakaan UNY. Dan dari sini parkiran Perpustakaan telah dapat nampak Museum Pendidikan Indonesia.

Terdiri Dari Dua Lantai
Sesampainya di lokasi pengunjung akan dipinta untuk mendatangani buku tamu dan membayar karcis Rp. 2.500. Menjelang museum ini pengunjung akan memperhatikan bangunan yang terdiri dari dua lantai. Lantai pertama diciptakan ruang galeri dan lantai kedua digunakan sebagai Ruang Cinema.

Di lantai pertama pengunjung akan secara segera memperhatikan sebuah sepeda onthel yang telah terawatt dengan baik. Sepeda hal yang demikian yaitu yaitu sepeda Hummber buatan Inggris yang digunakan guru sebagai alat transportasi pada tahun 1980an.

Di lokasi ini pengunjung dapat memperhatikan sebuah prasasti yang menjelaskan bahwa Museum Pendidikan Indonesia (MPI) Yogyakarta telah diresmikan pada tahun 2008. Di museum ini terdapat 5 buah galeri yang mana tiga galeri berada di lantai 1, sementara itu dua galerinya berada di lantai 2.