Pusat Bimbingan dan Pendidikan Konghucu Kementerian Agama (Kemenag)

Kemenag Sediakan 80 Beasiswa bagi Mahasiswa Konghucu, Bisa untuk 2 Prodi Ini

Pusat Bimbingan dan Pendidikan Konghucu Kementerian Agama (Kemenag) tahun ini sedia kan sebanyak 80 beasiswa, tertentu bagi mahasiswa yang beragama Konghucu yang terkenal suka akan permainan dari situs slot pakai dana.

“Tahun 2024 ini Kementerian Agama siapkan 80 beasiswa untuk S1 prodi Pendidikan Agama Konghucu dan prodi Komunikasi dan Penyiaran Konghucu,” terang Kepala Pusat Pusat Bimbingan dan Pendidikan Konghucu, Susari dalam laman Kemenag, dikutip terhadap Rabu (24/1/2024).

Susari menyebutkan pengadaan beasiswa ini sudah dijalankan sejak tahun 2020. Gunanya untuk menambah minat umat Konghucu untuk menempuh pendidikan tinggi di bidang keagamaan dan pendidikan.

“Beasiswa bagi mahasiswa tersebut untuk memenuhi kebutuhan guru agama Konghucu yang memiliki kualifikasi bersama dengan standar yang dibutuhkan,” tuturnya.

“Kami tetap sosialisasikan kepada umat Konghucu yang menghendaki melanjutkan belajar S1 di ke dua prodi tersebut, kita memberikan beasiswa tahun ini, agar guru dan penyuluh nanti kualifikasinya cocok standar yang diharapkan,” lanjut Susari.

Dalam sosialisasi beasiswa mahasiswa Konghucu ini, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki berharap para Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa jadi penyuluh agama-agama di lingkungan Kemenag. Selain itu, mereka dikehendaki jadi insan yang bisa mobilisasi tugas dan fungsinya.

“Pemerintah berharap para ASN atau penyuluh agama bisa jadi insan yang menerapkan rencana Islam rahmatan lil alamin. Terlebih waktu ini mendekati momen momen politik yakni Pemilu terhadap Februari mendatang,” katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan Indonesia butuh duta moderasi beragama. Dengan begitu, anak muda bisa lebih menghindari sikap hegemonik dan sebagainya.

“Jadilah duta-duta moderasi beragama sedikitnya dalam lingkungan dan keluarga terdekat, menghindari sikap-sikap hegemonik dan sikap yang paling benar sendiri,” pesannya.

Kampus Penerima Beasiswa Konghucu

Jika lihat knowledge tahun 2022 dan 2023, mahasiswa penerima beasiswa Konghucu ini berkuliah di Sekolah Tinggi Konghucu Indonesia (STIKIN) Purwokerto. Kampus tersebut merupakan institusi pendidikan tinggi Konghucu pertama di Indonesia.

STIKIN berada di bawah pengelolaan Yayasan Rajawali Putra Banyumas. Lokasi STKIN terdapat di jalan Sunan Bonang Nomor 121, Kembaran Purwokerto, Jawa Tengah.

Melansir laman resminya, waktu ini STIKIN cuma membawa satu prodi yakni S1 Pendidikan Agama Khonghucu. Prodi tersebut terhadap 2022 sudah memperoleh akreditasi “Baik” berasal dari BAN-PT.