Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation

Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation Salurkan 76.000

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan sebagian inisiatif demi meningkatkan literasi siswa. Inisiatif ini untuk menjawab hasil Asesmen Nasional (AN) tahun 2021 yang melaporkan bahwa satu berasal dari dua peserta didik jenjang SD sampai SMA belum menggapai kompetensi minimum literasi.

Padahal, siswa kudu menguasai kekuatan basic ini sebelum akan studi konsep pemahaman yang lebih tinggi. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya kebiasaan membaca sejak dini dikarenakan kurangnya buku bacaan bermutu yang mampu menarik minat baca siswa serta penggunaannya yang tepat didalam kesibukan belajar.

Pada tahun 2022, lebih berasal dari 15 juta eksemplar buku bacaan bermutu disalurkan Kemendikbudristek ke lebih berasal dari 20.000 PAUD dan SD yang paling membutuhkan di Indonesia, disertai bersama dengan pelatihan dan pendampingan untuk menopang sekolah memanfaatkan buku-buku yang diterima.

Ini adalah program pengiriman buku bersama dengan jumlah buku dan jumlah penerima yang terbesar selama peristiwa Kemendikbudristek.

Berlanjut pada 27 Februari 2023, Kemendikbudristek melibatkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, meluncurkan Paket Kebijakan Merdeka Belajar Episode 23 yaitu, Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia yang terhitung disertai program pelatihan guru di dalamnya.

Upaya lainnya adalah mengajak berbagai pihak untuk gotong royong menambah literasi. Mulai berasal dari akademisi, penggiat literasi, kepala sekolah, guru, sampai filantropi.

Salah satunya adalah Tanoto Foundation, organisasi filantropi berdiri sendiri di bidang pendidikan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981.

Melalui program PINTAR, Tanoto Foundation mengupayakan menambah kualitas guru dan kepala sekolah melalui inovasi-inovasi pembelajaran, serta pertolongan pada program prioritas pemerintah di bidang pendidikan.

Baca juga:

Tips Hemat Uang Agar Pengeluaran Tidak Banyak

Rekomendasi Program Beasiswa S2 dalam Negeri Terbaik

Hal ini diungkapkan didalam acara Penyerahan Buku Bacaan Bermutu di SDN 018 Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Acara ini merupakan sambungan berasal dari penandatanganan program kerja sama Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation pada 20 Oktober selanjutnya di Jakarta, yang disebut bersama dengan Gerakan Buku Bacaan Bermutu. Kerja sama ini punya tujuan menopang pemerintah menambah literasi siswa melalui penyediaan buku.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Aminudin Azis mengatakan, pemerintah tidak mampu bekerja sendiri untuk menjangkau seluruh sekolah-sekolah yang membutuhkan.

“Karena itu kita mengajak berbagai pihak, dan Tanoto Foundation adalah yang paling responsif menerima dan menindaklanjuti ajakan kami,” ucap Aminudin.

Tahun depan obyek Pemerintah mampu mencetak 20 sampai 21 juta eksemplar bersama dengan obyek 31.000 sekolah di luar sekolah yang udah menerima sebelumnya.

Di daerah yang sama, Direktur Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Margaretha Ari Widowati menambahkan, Tanoto Foundation bersama dengan Kemendikbudristek menyebarkan 156 judul buku bersama dengan total 76.752 buku di 12 kabupaten.

“Kami tidak cuma menambahkan buku berkualitas, tetapi terhitung pelatihan kepada guru di Kabupaten Kutai Kartanegara untuk mengoptimalkan pemanfaatan buku didalam pembelajaran,” cetus Margaretha.

Sebanyak 12 kabupaten yang menjadi sasaran distribusi buku berasal dari kerja sama Kemendikbudristek dan Tanoto Foundation ini adalah Asahan, Karo, Kendal, Tegal, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Paser, Tebo, Batanghari, Muaro Jambi, Siak, dan Kampar.

Program ini terhitung menyelenggarakan pelatihan untuk guru, salah satunya dikerjakan didalam acara Penyerahan Buku Bacaan Bermutu di SDN 018 Tenggarong Seberang.

Pelatihan diikuti oleh 9 kepala sekolah dan 19 guru berasal dari sekolah-sekolah di Kabupaten Kutai Kartanegara, mempelajari tentang pemanfaatan buku untuk menumbuhkan minat baca siswa serta penggunaannya didalam pembelajaran.