Keren, Siswi SD Ciptakan Aplikasi Game Promosikan Adat Lampung

Fitria Khasanah, seorang siswi Sekolah Dasar (SD) sukses mewujudkan aplikasi game online tentang edukasi bertema pancasila sampai mempromosikan budaya Provinsi Lampung.

Tidak tanggung, telah puluhan game online yang Fitria ciptakan, dua diantaranya dinamakan Jelajah Lampung Berjaya dan Lorong Toleransi Pancasial. Dua game hal yang demikian sekarang bisa diunduh di aplikasi Play Store.

Siswi yang duduk di kursi kelas 6 di SDN 2 Sukabumi, Kota Bandar Lampung ini mengatakan bahwa bakatnya membikin game yang didasari hobinya bermain game online.

Sebab suka main game online, terus diberi arahan sama ayah buat aplikasi game online buatan sendiri,\\\” kata Fitria saat disambangi di kediamannya di Jalan Gunung Rajabasa, Kelurahan Perumnas Way Halim, Kecamatan Way Halim, kota setempat, Sabtu (16/3/2024).

Dua game yang dijadikan hal yang demikian tujuannya untuk mengenalkan Provinsi Lampung di arena internasional. Selama membikin game hal yang demikian, dia diberi arahan oleh sang ayah dalam memutuskan konsep game.

\\\”Game Jelajah Lampung Berjaya ini memang saya yang buat, tetapi untuk konsepnya slot gates of olympus seperti apa, ya ayah yang memberi bimbingan,\\\” jelas dia.

Fitria menuturkan, sejumlah fitur di dalam game Jelajah Lampung Berjaya yang dibuatnya itu, berupa sejarah lengkap Provinsi Lampung. Berikut data lengkap 15 kabupaten/kota yang ada di tempat hal yang demikian.

Kemudian, game Lorong Toleransi Pancasila, pengguna bisa mengaplikasikan fitur yang memberikan pesan tentang pentingnya hidup rukun serta tenteram dalam kehidupan berbangsa.

Fitria memperkenalkan, dalam progres pembuatan game edukasi hal yang demikian memakan waktu sekitar tiga bulan. Ia membikin game hal yang demikian mengaplikasikan program Unity dan Konstruk.

\\\”Untuk membikin aplikasi ini gunakan program dari Unity sama Konstruk 3D, sekitar tiga bulan progres pembuatannya,\\\” imbuhya.

Ia menjelasakan, selain dua game hal yang demikian, dia juga telah membikin puluhan game lainnya yang bisa dimainkan secara online. Namun, puluhan game hal yang demikian cuma bisa dimainkan di aplikasi tertentu, tidak tersedia di Play Store.

\\\”Game yang lain juga ada, bisa dimainkan secara online, tetapi harus gunakan aplikasi Roblock. Di Play Store belum tersedia. Game ini hanha bisa dimainkan oleh Androin yang telah versi 13,\\\” jelas dia.

Ia memperkenalkan, padahal suka bermain game online, dia tidak lupa belajar, sebab menurutnya sekolah ialah yang paling utama.

\\\”Belajar di rumah tetap yang utama, biarpun suka game, saya tetap rajin belajar. Itu juga pesan ayah, untuk tetap mengutamakan sekolah,\\\” imbuhnya.