Makanan dari Indonesia dan Malaysia yang Terkenal Sedap

Banyak makanan enak dari Indonesia dan Malaysia yang hampir mirip meski memiliki ciri khas berbeda. Makanan-makanan enak dari dua negara ini patut dicoba.
Bertetangga dan acap kali disebut sebagai bangsa serumpun. Indonesia dan Malaysia memiliki jenis masakan, serta hidangan yang hampir mirip. Walau konsisten dibedakan dengan nama dan bahan-bahan yang digunakan.

Berdasarkan web Medium (22/04), banyak makanan Indonesia dan Malaysia yang menarik untuk dicoba. Makanan-makanan ini memiliki cita rasa yang enak dan tentunya unik.

Tidak siomay dari Indonesia, jajanan populer dari kota Bandung ini jadi makanan ringan unggulan para turis mancanegara. Itu juga dengan roti jala khas Malaysia, yang disampaikan dengan kari ayam kental, dan crepes lembut berupa jaring.

Berikut lima makanan dari Indonesia dan Malaysia yang wajb dicoba versi Medium.

1. Nasi Kandar

Kecuali nasi lemak yang menguasai hidangan nasi tradisional di Malaysia. Nasi kandar juga tak keok enak, sekilas tampilannya mirip seperti nasi rames khas Minang dari Indonesia.

Melainkan nasi kandar lebih condong ke pemakaian kuah kari ikan kuning yang joker123 terbaru melimpah. Kemudian patut menambahkan ayam goreng renyah. Okra balado, terong, serundeng dan saus pedas.

Nasi yang satu ini infonya sudah ada semenjak abad ke-19 di Malaysia. Dulu nasi kandar jad hidangan unggulan para pekerja. Sebab porsinya banyak, lauknya lengkap dan harganya murah.

2. Siomay

Jajanan dari olahan ikan ini tak lepas dari akibat kebiasaan masakan Tionghoa di Indonesia. Siomay diambil dari bahasa Kanton yang disebut siu maai. Melainkan versi siomay di Indonesia, tentunya sudah dimodifikasi.

Salah satu yang paling familiar ada siomay Bandung. Siomay diolah dari campuran tepung dan ikan tenggiri atau gabus. Siomay dikukus dengan tambahan kentang, kol, pare sampai tahu.

Kemudian siomay disampaikan dengan bumbu kacang kental, perasan jeruk nipis dan tambahan kecap manis. Berdasarkan Medium, siomay adalah salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan dikala berkunjung ke Indonesia.

3. Roti Jala

Jika di Indonesia bisa jajan siomay. Di Malaysia bisa coba menu roti jala, yang acap kali dibuat makanan ringan bahkan hidangan utama di cafe khas Melayu atau India di sana.

Tidak namanya, roti jala dibuat dari adonan tepung tipis yang dibuat berongga. Kemudian roti jala disampaikan dengan kuah kari ayam yang kental, lengkap dengan potongan ayamnya.

Ada juga yang menyantap roti jala dengan kari kambing dan acar nanas supaya lebih segar. Padahal hanya di Malaysia, roti jala dan kari jadi kudapan populer di Riau sampai Sumatera Utara.

4. Nasi Goreng

Kepopuleran nasi goreng dari Indonesia sepertinya tak perlu diragukan lagi. Berdasarkan nasi goreng adalah makanan awam yang dimasak di beraneka negara,\\\” tulis Medium.

Berdasarkan pengukuran mereka, nasi goreng dari Indonesia punya rasa yang bikin nagih. Campuran sayuran, suwiran daging ayam, sapi, atau seafood membuat rasa nasi goreng khas Indonesia ini tak tergantikan.

\\\” kecap manis, dan acar seperti wortel dan timun menjadi kunci kelezatan nasi goreng ini,\\\” puji Medium.