Peringatan Hari Pendidikan Internasional Indonesia

Setiap tahun pada tanggal 24 Januari diperingati sebagai Hari Pendidikan Internasional atau International Day of Education. Salah satu tujuannya untuk meningkatkan akses pendidikan di dunia.

Pendidikan adalah hak asasi manusia. Pendidikan yang memiliki kwalitas mampu memutus siklus kemiskinan yang sebabkan jutaan anak, remaja, dan orang dewasa tertinggal. Berikut adalah serba-serbi Hari Pendidikan Internasional 2024 beserta artikel yang membahas tentang permainan.

Tema Hari Pendidikan Internasional 2024

Dikutip berasal dari web site National Today, Hari Pendidikan Internasional adalah seruan untuk mengambil alih tindakan, mengajak individu hingga masyarakat sipil, dan pembuat kebijakan untuk mengambil alih cara tegas guna memastikan pendidikan basic dan menengah diberikan kepada anak-anak. Peringatan ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan keterlibatan generasi muda di dalam pendidikan.

Dilansir web site formal UNESCO, Hari Pendidikan Internasional 2024 mengusung tema “Learning for Lasting Peace” yang bermakna “Belajar untuk Perdamaian Abadi”. Untuk merayakan Hari Pendidikan Internasional, UNESCO menyelenggarakan hari dialog mengenai pendidikan untuk perdamaian pada tanggal 24 Januari 2024 di Markas Besar PBB di New York City.

Acara ini akan memobilisasi negara-negara anggota, badan-badan dan program-program link sbobet PBB, LSM-LSM yang berafiliasi dengan PBB yang berkomitmen pada pendidikan untuk perdamaian, guru dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya, dan juga generasi muda. Kegiatan ini diadakan oleh UNESCO dengan Group of Friends on Lifelong Learning and Inclusion yang kolaborasi erat dengan Sekretariat PBB.

Pembelajaran untuk perdamaian harus berwujud transformatif, dan menunjang memberdayakan peserta didik dengan pengetahuan, nilai-nilai, sikap dan keterampilan dan juga perilaku yang diperlukan untuk perdamaian di komunitas mereka.

Asal-usul Hari Pendidikan Internasional

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan tanggal 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional untuk merayakan peran pendidikan bagi perdamaian dan pembangunan. Hak atas pendidikan tercantum di dalam pasal 26 Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Deklarasi selanjutnya menyerukan pendidikan basic yang gratis dan wajib. Konvensi Hak Anak, yang diadopsi pada tahun 1989, lebih jauh menetapkan bahwa negara-negara harus sedia kan pendidikan tinggi yang mampu dibuka oleh semua orang.

Hari Pendidikan Internasional juga mengenai dengan tidak benar satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan oleh PBB. Dalam poin keempat Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, disebutkan bahwa PBB menanggung kualitas pendidikan yang inklusif dan merata dan juga meningkatkan kesempatan studi selama hayat untuk semua.