SMAN 4 Kota Singkawang Gandeng Menggelar Pengajaran Politik Untuk Para Pemilih Muda 2024

Ratusan pelajar kelas XII SMAN 4 Singkawang meniru pendidikan politik yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kota Singkawang, Selasa 21 Februari 2023 kemarin.

Menurut Djoko Supriatno, Kepala SMA Negeri 4 Singkawang, aktivitas sosialisasi pendidikan politik untuk pemilih pemula (kalangan pelajar) menjadi pertamakalinya diadakan di Kota Singkawang pada tahun 2023 ini.

“Kemarin SMA Negeri 4 Singkawang terpilih menjadi daerah aktivitas dan sekalian siswanya sebagai peserta aktivitas (calon pemilih pemula). Siswa yang meniru aktivitas yakni segala siswa kelas XII SMA Negeri Singkawang yang berjumlah 134 orang,” jelas Djoko dikala dihubungi, Rabu 22 Februari 2023.

Para siswa kelas XII, Djoko katakan, yakni calon pemilih pemula yang akan meniru Pemilu 2024.

Djoko berharap siswa menerima pemahaman yang komplit tentang Pemilu situs slot depo 5k dan mereka nantinya bisa menjadi pemilih yang cerdas, dan bahkan bisa berkontribusi menolong aktivitas penyelenggaraan Pemilu, sehingga Pemilu bisa berjalan lancar dan pantas dengan undang-undang yang telah ditentukan.

Djoko juga menambahkan bahwa aktivitas ini juga yakni salah satu aplikasi program literasi sekolah terutamanya literasi kewargaan yakni penguatan kecakapan siswa dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Perlu diketahui, Tema aktivitas sosialisasi pendidikan politik tersebut yakni “Meningkatkan Partisipasi Politik Dan Inisiatif Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara Guna Mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024”.

Kesibukan tersebut resmi dibuka oleh Plt Kepala Badan Kesbangpol, Bujang Syukri. Hadir pula Hendra Kurniawan, Member Bawaslu Kota Singkawang dan Riko, Ketua KPU Kota Singkawang sebagai narasumber.

Terpisah, Ketua Panitia Kesibukan sekalian Kepala Bidang Poldagri Ormas Kesbangpol, Rahmat, menerangkan selama aktivitas berlangsung kemarin, siswa-siswi SMAN 4 Singkawang sungguh-sungguh antusias menyimak materi yang dikenalkan segala narasumber, serta mereka aktif di dikala sesi diskusi dan tanya jawab.

Rahmat optimis, dengan adanya aktivitas tersebut bisa meningkatkan partisipasi warga terutamanya pemilih pemula untuk mensukseskan Pemilu 2024.